a.k.a Pertemanan

ga semua orang punya ini.

kalau cuma temen aja, semua orang bisa punya, tapi pertemanan, itu beda.

kita lihat deh apa kata KBBI

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), arti kata pertemanan adalah perihal berteman. Contoh: sebenarnya pertemanan saya dengan dia memang boleh dikatakan kilat.

Pertemanan berasal dari kata dasar teman. Pertemanan punya arti kata benda sehingga pertemanan dapat menyatakan nama dari seseorang, tempat, atau semua benda dan segala yang dibendakan.

nah, dari sini gue bisa menyimpulkan bahwa pertemanan itu punya makna yang lebih dari teman, didalam pertemanan bisa mencakup nama, tempat dan segala sesuatu yang berkaitan dengan teman, kalo cuma temen aja itu mengarah ke orang doang, ke satu objek, tapi pertemanan, itu mencakup segala sesuatu yang berkaitan dengan teman.

gokil ya.

Bisa dibilang pertemenanan itu next levelnya dari teman.

Gue kasih contoh deh, kalau lu lagi di bis, lalu ngobrol sama orang sebelah, itu bisa dibilang teman; teman bicara,

bahkan pisang dan kopi itu bisa kita sebut teman, karena saling melengkapi.

Tapi pisang dan kopi, dia ga berbagi susah, senang, andaipun mereka terpisah, ga masalah, ya karena mereka hanya teman pelengkap

tapi pertemanan, cuy, lu bayangin pertemanan di tongkrongan lu bubar, lu ga akan ketemu lagi si adi yang banyak omong, ato si jo yang iseng, ato bahkan lu ga bisa ketemu yoga yang sering di-bully.

dan lu tau? pertemenan itu dibangun, ga bisa instan dan bangunnya mahal, oh bukan bukan masalah harta, bukan masalah brp banyak duit yang lu keluarin soal pertemanan ini, tapi soal waktu, makin lama waktu yang lu lewatin sama temen lu, makin solid, makin keren, makin bonding, makin sayang sama temen lu.

Gue dapet cerita di kota menado, ada 3 orang dgn latar belakang yang berbeda setiap jam 5 sore tanpa janjian sama sekali, mereka dateng ke warung kopi yang sama, spot duduk yang sama dan itu mereka lakuin selama 20 tahun. Gokil.

that’s Friendship.

ga ada yang namanya di pertemanan itu gengsi gengsian, banyak banyakan duit, kalo pertemanan lu kek gitu, men itu bukan pertemanan, tapi pameran.

yang ada, itu saling suppport, karna pertemanan itu berbagi segalanya, bahkan bisa jadi, ditahap lu ngasih nyawa buat temen lu.

Dan itu ga mungkin dilakuin sama pertemanan yang dibangun instan.

Di artikel kali ini gua nge-capture abang abang onta, yang biasanya nyediain jasa keliling piramid naik onta atau cuma sekedar foto sama onta aja.

foto ini diambil waktu sore sore di jam tutup komplek Piramid, kebetulan gue dateng sore jadi kebetulan ngeliat kondisi bubaran komplek ini.

dari jauh gua liatin ni orang orang seru bgt ketawa tawa, pecut pecutan (jangan dicontoh chaps, becandaan kita ga kuat itu), kejar kejaran, ga sengaja inget ketika gue kecil, masih banyak temen, adzan maghrib jadi alarm untuk pulang setelah main bola bareng di lapangan rw, mood scenenya sama beda tempat aja.

Dari sini gua nerka, mereka ini temenan ga mungkin sehari dua hari, pasti udah lama banget dan ga gampang loh punya orang yang barengan terus sama kita dengan kurun waktu yang lama.

Yang bikin gue tertampar adalah, mereka berteman pure human to human, ga ada namanya kasta, harta, kepentingan, kenapa gue bisa tau pertemanan mereka itu basenya human to human?

karena kalo basenya 3 itu (kasta, harta, kepentingan), cuy, itu adalah hal yang paling gampang berubah dari manusia, tapi kalo basenya human to human, ga akan putus sampe lu kapanpun, dan ini yang gue lihat jarang ada di pertemanan jaman sekarang.

tapi inget, pertemanan itu bukan segalanya, karena in the end of the day, lu hidup itu sendiri dan matipun sendiri, ini yang terkadang kita lupakan.

sincerly,
Chapture.